Kamis, 04 Juni 2020

4 Bahasa Pemrograman Paling Populer Saat Ini

Apa sih  Bahasa Pemrograman  itu ? Bahasa yang merupakan sebuah rangkaian kata-kata yang berupa adanya perintah-perintah maupun instruksi yang bisa terdiri dari banyak jenis baris yang bisa dipahami oleh komputer. Dimana Bahasa ini wajib untuk diketahui oleh Developer agar dapat membangun adanya sebuah aplikasi web atau software. Oleh karena itu untuk membuat adanya sebuah aplikasi tertentu yang maka digunakan juga adanya bahasa yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat oleh Developer tersebut. Jumlah bahasa yang ada di pemrograman ini sangat banyak sekali, dimana berikut ini akan membahas tentang sebuah bahasa yang tersedia di pemrograman yang sedang populer pada masa kini.


Bahasa Pemrograman Yang Sedang Populer Di Indonesia


Jumlah bahasa-bahasa yang ada di pemrograman kini sangat banyak sekali. Menurut Tiobe, salah satu lembaga pemrograman riset yang dimana pada beberapa tahun lalu membuat sebuah peringkat Bahasa Pemrograman yang sudah populer di seluruh dunia dengan banyak yang menggunakannya, dengan adanya diwujudkan dalam bentuk TIOBE (Programming Community Index) pada saat 2014 tahun lalu, Java dan C masih menjadi salah satu bahasa yang sedang populer pada saat ini menaiki urutan pertama dan kedua dari yang lain.

Apa Sih itu Index TIOBE itu ? yaitu adalah dimana pada dasarnya Indeks Tiobe mengambil data dari ratusan sumber yang secara berbeda-beda, dengan meng komplikasinya dan meludahkannya dalam bentuk secara daftar. Dimana dalam PYPL juga merilis adanya 11 bahasa yang banyak digunakan hingga tahun 2014 menunjukan Java dan PHP berada di posisi pertama dan kedua sementara C menempati duduk di urutan ke 6. Hasil survey dari PYPL sendiri, data yang di atas merupakan bahasa yang sedang populer di dunia, dimana berikut ini adalah bahasa yang sedang populer di Indonesia.


  1. Visual Basic
    Yang pertama ini adalah adanya pemrograman yang di kembangkan oleh Miscrosoft, bahasa ini menawarkan adanya IDE visual dalam membuat sebuah software, dan juga bahasa ini dikembang untuk membuat software-software yang berbasis sistem operasi Windows. Sebuah survei yang pada tahun 2005 menunjukkan 62% developer software menggunakan Visual basic dalam mengembangkan software nya sendiri. Hal ini yang bisa dijadikan sebuah bahasa yang sedang populer pada tahun ini.

  2. Java
    Java merupakan salah satu bahasa yang sangat populer, di mana bahasa ini memiliki kelebihan seperti adanya berjalan di sistem operasi yang berbeda. Kemudai bahasa ini juga termasuk dalam pemrograman OOP atau Pemrograman orientasi objek, sehingga programer lebih mudah untuk menyusun program dengan adanya menggunakan bahasa ini, dan saat ini java juga merupakan era dimana smartphone yang sangat banyak digunakan kalangan masyarakat dengan menggunakan bahasa Java ini, sehingga banyaknya programer-programer lain banyak menggunakan bahasa ini karena memang bahasa ini sedang banyak di gunakan dan dibutuhkan.

  3. PHP
    Php ( Php hypertext pre-processor) yang merupakan bahasa yang sangat banyak digunakan di kalangan masyarakat Indonesia, selain karena gratis, banyak juga digunakan karena adanya bahasa ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun adanya website dinamis dimana banyak juga seperti banyak website ternama seperti Wordpress, Facebook ataupun yang lainnya.

  4. Bahasa C
    Yang terakhir ini adalah bahasa C yang di mana bahasa yang tertua yang pernah ada. Bahasa C ini dikembangkan dari tahun 70-an, dimana bahasa C yang di merupakan populer di Indonesia karena begitu banyaknya bahkan hampir semua perguruan tinggi jurusan IT menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa yang lainnya.


Itulah beberapa Bahasa Pemrograman yang sedang dipakai atau sedang populer pada zaman sekarang ini, yang mungkin menjadi suatu pilihan kalian untuk membuat suatu web. Yang menjadi salah satu efisien bagi para developer yang akan membuat web.